Rabu, 02 November 2011

Lomba Karya Tulis Ilmiah "Kenakalan Remaja III" SMA/SMK/MA se-Jawa Timur, Bali dan Lombok

Lomba Karya Tulis Ilmiah "Kenakalan Remaja III"
Se-Jawa Timur, Bali dan Lombok
Rasional
Kenakalan remaja merupakan topik pembicaraan yang tidak akan pernah habis untuk dibicarakan dari masa kemasa. Hal ini disebabkan karena kenakalan remaja itu menyatu dengan remaja itu sendiri, sepanjang remaja itu ada, kenakalan remaja selalu  mengiringi.
Berbagai upaya untuk menanggulangi kenakalan remaja telah dilakukan sejak lama, baik oleh pemerintah, orang tua, masyarakat, dan pihak-pihak lain. Upaya-upaya itu sebetulnya telah menghasilkan banyak solusi untuk menanggulangi kenakalan remaja. Tetapi seperti patah tumbuh hilang berganti, dimana ketika suatu kenakalan dapat diatasi segera muncul kenakalan baru yang menuntut solusi baru. Hal ini mungkin terjadi karena upaya-upaya yang dilakukan untuk menangani kenakalan remaja kurang melibatkan remaja itu sendiri. Oleh karena itu perlu dipikirkan cara baru untuk dapat menanggulangi kenakalan remaja itu yang lebih melibatkan dan memberdayakan remaja itu sendiri. Untuk menggali pemikiran-pemikiran kritis remaja dalam menyikapi dan mencari solusi tentang kenakalan remaja maka Lomba Karya Tulis Ilmiah Kenakalan Remaja yang melibatkan siswa SMA/SMK/MA se-Jawa Timur, Bali dan Lombok, dilaksanakan.
Tujuan Kegiatan
1.    Melatih kepekaan siswa untuk menyikapi permasalahan yang dialami oleh dirinya dan permasalahan yang terjadi di sekitarnya.
2.    Mendapatkan pemikiran-pemikiran kritis dari remaja untuk menanggulangi kenakalan remaja.
3.    Melatih siswa untuk menulis karya ilmiah.
4.    Meningkatkan hubungan antara sekolah dengan perguruan tinggi khususnya jurusan Bimbingan Konseling FIP UNDIKSHA.

Tema Penulisan Karya Tulis
Sesuai dengan  nama kegiatan , Tema dari penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu “Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Remaja”

 Ketentuan Peserta dan Lomba
1.    Terdaftar sebagai siswa SMA/SMK/MA di Jawa Timur, Bali dan Lombok dibuktikan dengan menyerahkan foto copy kartu pelajar yang sudah disahkan oleh kepala sekolah.
2.   Peserta harus mengisi formulir pendaftaran (download)
3.   Lomba bersifat perorangan atau kelompok maksimal 3 (tiga) orang.
4.   Setiap sekolah di perbolehkan mengirim lebih dari 1 (satu) Karya Tulis Ilmiah.
5.  Karya Tulis Ilmiah yang dikirim belum pernah dilombakan atau dipublikasikan.
6.  Karya Tulis Ilmiah yang dikirimkan ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
7.   Karya Tulis Ilmiah diketik dalam MS Word for Windows, huruf Times New Roman 12pt, kertas A4, dengan margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm dan bawah 3 cm serta menggunakan Line Spacing 1,5 lines.
8.   Panjang Karya Tulis Ilmiah 10-20 halaman.
9.   Isi Karya Tulis Ilmiah tidak bersifat emosional, dan diwajibkan berisikan pemecahan atau solusi dari permasalahan remaja yang diangkat.
10. Karya Tulis Ilmiah dikirim dalam bentuk print out rangkap 4 (empat) dan soft copy Karya Tulis Ilmiah dalam bentuk CD.
11. Peserta diperbolehkan mengajak 1 (satu) orang guru pembimbing tiap masing-masing kelompok  /perorangan.
12. Biaya pendaftaran setiap Karya Tulis Ilmiah sebesar  Rp.50.000,-(untuk perorangan) dan Rp 100.000,- (untuk kelompok)(bagi peserta yang mengirim naskah melalui pos, uang pendaftaran disertakan langsung di dalam amplop yang sama)

Teknis Pelaksanaan
Lomba karya tulis ilmiah ”kenakalan remaja” ini dilaksanakan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. Peserta membuat sebuah karya tulis ilmiah dengan judul dan isi yang dikembangkan dari tema “Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Remaja” dan dibuat sesuai dengan ketentuan penulisan (download).
2. Karya tulis ilmiah dan formulir pendaftaran dapat dikirim langsung ke gedung Fakultas Ilmu Pendidikan dengan alamat Jalan Udayana Kampus Tengah, Singaraja atau melalui Pos ke Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Jalan Udayana Kampus Tengah dengan Kode Pos 81116 Singaraja pada tanggal 7 November 2011 - 15 November 2011 (cap pos 15 November 2011)
3.  Stand Pendaftaran dilakukan di lobi gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dari pukul 08.30 – 15.00 WITA wita
4. Karya tulis ilmiah yang telah diterima oleh panitia, diseleksi sesuai dengat format penilaian untuk menentukan 10 finalis
5. Finalis akan diundang untuk mengikuti seleksi Grand Final dengan mempresentasikan karya tulisnya dengan menggunakan media, pada tanggal 25 November 2011. Pada acara Grand Final inilah ditetapkan para juara.

Hadiah dan Penghargaan
1. Juara I berhak mendapat Piala Bergilir Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali. Piala Tetap, Piagam sebagai pemenang, dan Uang pembinaan.
2. Juara II, dan III berhak mendapat Piala Tetap, Piagam sebagai pemenang, dan Uang pembinaan.
3. Finalis yang tidak mendapat juara akan diberikan piagam penghargaan sebagai Finalis dan uang pembinaan.
4. Bagi Peserta yang tidak lolos dalam 10 besar akan diberikan piagam sebagai peserta, yang akan dikirimkan ke sekolah masing-masing dan dilampirkan juga rekapan hasil penilaian dewan juri.
5. Guru Pembimbing dari peserta yang lolos sebagai 10 finalis akan diberikan sertifikat sebagai pembimbing.

Pengumuman Pemenang
Pengumuman pemenang akan dilakukan 1 jam setelah seluruh finalis selesai melakukan presentasi Karya Tulis Ilmiahnya pada tanggal 25 November 2011.

Informasi
Pengumuman peserta yang masuk menjadi 10 finalis akan di umumkan pada tanggal 19 November 2011. Dan peserta yang lolos menjadi 10 finalis dimohonkan kehadirannya pada tanggal    25 November 2011 untuk melakukan presentasi karya tulis yang dibuat. Bagi peserta yang masuk 10 besar namun tidak melakukan presentasi setelah dipanggil sebanyak 3 kali akan didiskualifikasi. Informasi lebih lengkap mengenai jadwal, teknis kegiatan, dan pendaftaran dapat menghubungi contact person atau dapat dilihat pada  http://hmjbkundiksha.blogspot.com

Contact Person
Ketua Panitia
Putu Dewi Pebriantari
087860715987
Koor. Sie lomba
Krisnayana Tri Antara
085935333695

Tidak ada komentar:

Posting Komentar